Kamis, 22 Desember 2011

DON’T JUDGE BOOK BY ITS COVER”


Kenapa kita senang sekali menilai seseorang dengan tampilan luar, senang menjustifikasi orang berdasarkan penampilan, status pendidikan dan status sosialnya. Mungkin ada benernya dan mungkin suatu kewajaran jika kita menilai sesorang berdasarkan penampilan luar karena penampilan luarlah yang pertama kali tertangkap pandangan mata. Makanya kemudian ada falling in love at the first sight, yang didasarkan oleh ketertarikan fisik pada seseorang berdasarkan pendangan pertama jumpa. Yang lebih parahnya jika kita mencoba menilai kepribadian sesorang berdasarkan tampilan fisiknya doank. Apakah dia baik atau tidak berdasarkan raut muka, gesture tubuh, cara memandang, kerlingan mata, cara menyibak rambut, cara makan, dari gaya bicara  dll….seorang temen pernah bilang bahwa terkadang penampilan luar menentukan cerminan sifat seseorang, sebenarnya gw gak sepenuhnya setuju.

Jadi teringat suatu cerita waktu kuliah dulu, gw punya temen yang matanya belok, dengan melihat saja sang temen sudah seperti orang melotot marah. Saat kuliah dulu, ada seorang dosen yang killer bengis nan sensitif, jadi kami harus tampak selalu memperhatikan dan focus kerena nih bapak punya mata tiga, satunya dibelakang kepalanya. Selain itu dia punya indera penciuman yang sangat tajam seperti anjing pelacak melacak daging mentah. Dengan Cuma sekali tarikan napas aja doi bakal tau kalo kita tidur di bangku belakang, bengong sambil ndobong n ngeces, pura-pura nyatet apa yang beliau omongin padahal bikin surat cinta monyet ato ngelonjor (ngelamun jorok.red bacanya) dan belagak pura-pura memperhatikan pelajaranya. Pokoknya semua taktik murid bosen mendengar pelajaran di kelas doi pakar bangets dalam mengidentifikasikannya. Nah si temen ini ceritanya lagi bernafsu banget pengen memperhatikan pelajaran si bapak. Saking terlalu konsentrasinya doi lupa kalo matanya terlalu membelok dan nyaris keluar. Kemudian terjadilah percakapan sengit seperti ini di kelas siang hari nan panas itu:

Bapak = hei kamu kenapa melotot lotot ke saya, kalo kamu bosen sama pelajaran saya silahkan keluar saya gak suka murid yang karena keterpaksaan hadir dikelas saya. Apalagi Cuma mengejar absensi buat lolos ujian………monggo silahkan menunggu diluar.

Si temen mata belok= lho apa salah saya pak ?, saya bener-bener memperhatikan pelajaran bapak..(sambil ngusap-ngusapa mata n ngelus2 rambut kebingungan ma hardikan sibapak)

Melihat suasana kondisi mulai tampak tidak kondusif,sang ketua kelas yang ditunjuk defacto oleh dirinya sendiri mulai merasa wajib menengahi masalah ini .

Ketua kelas= maaf pak, si mba X tidak melotot kearah bapak tapi matanya emang mbelok, jadi emang sudah bawaan bayi gitu pak kalo melihat..

Si bapak =( karena udah kadung dongkol dan sok merasa bener, ciri n gaya dosen tua yang kiler dan konvensional)…. Heeiiii emang saya bodoh apa? Saya bisa tau mana yang melotot marah sama melotot biasa..udah deh saya malas melanjutkan kelas ini..silahkan belajar sendiri ( tergopoh-gopoh keluar kelas..gak tau apa karena malu atau marah beneran)

Gw = (dalam ati sambil cekikan ) yaelah si bapak.. orang buta pun bakal tau kali kalo nih temen emang mbelok dari sananya..masaa punya mata mbelok salaaaahhh…cape dehhh!!!...

Nah dari sekelumit dialog singkat diatas, tanpa mengurangi rasa hormat gua buat bapak yang sudah rest in peace at the heaven (maafkan saya pak Bondan ), ada pesen moral yang harus diambil dan dijadikan pelajaran buat elo-elo yang seneng menilai seorang dari tampilan fisiknya bahwa tidak semua yang terlihat kasatmata itu pasti bener. Jangan gampang  menilai seseorang dan mengomentari seseorang seperti melihat sebuah cover buku komik. Kalo covernya bagus maka pasti delem ceritanya juga bagus..belum tentu, sapa tau itu Cuma trik marketing si penerbit buku buat ngelarisin jualan bukunya.
Jadi inget jaman dulu lagi, ceritanya waktu kuliah gua punya kelompok yang seneng bangeeettt nonton film hantu. Apalagi nontonnya di tempat-tempat angker dan tengah malam lagi untuk menguji nyali kita yang pada dasarnya penakut 100% ini hehehehe… Gak Cuma film,  semua hal-hal yang berbau mistik dan alam gaib kita senang banget, mpe nonton rumah hantu di pasar malam merupakan hiburan yang meyenangkan dan kita tunggu-tunggu saat itu (hehehe maklum murah meriah mencreeettt cucok sama kantong anak kost yang melarat kayak kita, cucok pula untuk  hiburan rakyat jelata yang haus akan hiburan yang memiliki eksistensi dan muatan lokal hehehehhe)..Pokoknya semua yang berbau hantu mau itu hantu made in dalam negeri (kek kuntilanak, pocong, gundorowo etc) mpe hantu import kek vampire, sadako, tsuo, hantu-hantu korea n japan lainnya kita demen banget. Dan efek keranjingan menonton film hantu masih terasa mpe sekarang di gua, gak tau kenapa, akhir-akhir ini gua suka banget berkhayal dan berhalusinasi pacaran sama vampire Edward Cullen wkwkwkwkw itu mah namanya ngarep.com kaleee….
Menyambung cerita gua diatas tadi,  cerita ini dimulai di suatu hari gua menemukan VCD film hantu buatan filmmaker gagal di kota Jogjakarta di rental VCD/DVD kebanggaan gua (kenapa gua bilang gua bangga sama neh rental, Cuma neh rental yang selalu tak memungut uang sewa kalo gua pinjem VCD-nya…hehehe dikarenakan bukan karena gua yang punya neh rental, tapi gua suka memanfaatin si pemilik rental yang katanya gua sendiri saat itu tergila-gila mpe gila beneran ke gua hahahahahahha…). Ceritanya VCD ini lah  yang menjatuhkan reputasi gua sebagai penonton film hantu paling tangguh se-jawa bali, yaahh  karena VCD ini gua ditimpuk sama gank nonton film hantu gua, karena VCD ini juga gua merasa terhina dan rendah diri dan mengutuk diri gua betapa gampangnya terkecoh oleh sebuah judul film. Ada pelajaran berharga yang gua petik dari pengalaman ini teman-teman yaitu “ jangan terkecoh dengan penampilan atau cover, elo harus tau dalammnya dulu baru elo bisa menilai sesuatu itu baik  atau buruk. Nah ceritanya gua tertarik sama judulnya neh film yang berjudul”ratapan si suandeeeellll boloooonggggg” seperti kebiasaan gua, karena gua dari sononya emank udah ada bakat diplomacy ngawur, analitis dangkal yang canggih plus public speaking yang menyesatkan hehehehe, jadilan neh felem gua promosiin abis-abisa mpe mulut gua berbusa-busa padahal sebenarnya gua sendiri belum pernah sama sekali nonton neh felem. Gua mpe berani gembar-gembor ke rekan sejawat gua kalo felem ini adalah felem local paling mengerikan di NKRI tercinta ini…Almarhumah suzanna kalo masih idup, pasti minder saking ngerinya ngeliat acting pemeran hantu di felem ini akibat terlalu menjiwai perannya menjadi sundal bolong.

Hari yang dinanti-nanti untuk menonton VCD menyesatkan ini akhirnya datang juga, kami sepakat untuk mendramatisir suasana dan memberikan efek yang luaarr biasa serem nantinya (yang harapannya diperoleh dari cerita felem di VCD itu) dengan memilih lokasi penayangan VCD ini di lantai 4 kampus arsitek UGM yang menurut cerita para senior dan para pendahulu kami bahwa ni tempat adalah tempat yang sangat cucok, ciamik berganda buat mengadu nyali ditengah malam jumat kliwon….Semua persiapaan sudah disiapkan dengan saat mateng mulai dari gigitan gigi bayi buat nahan mulut kalo ada yang teriak ketakutan, sarung supaya gak masuk angin, cemilan dan kopi dengan beraneke macam merk dan rasa…jengggg…jengggg..jengggg dimulailah ceritanya pemutaran felem VCD ini yang menggunakan computer kampus dan simbad speaker hasil nyolong diam-diam dari rumah si temen di gank ini
Prolog pertama cukup menyereamkan ditandai dengan munculnya dua orang di tengah malam buta menggunakan baju jubah putih ala kuntilanak di tengah kuburan massal. Tiba-tiba jalan cerita berubah  jadi konyol karena dua orang yang muncul di awal tadi ternyata bukan hantu melainkan dua orang maling yang sedang dikejar-kejar warga karena mencuri salah satunya sandal bolong milik tetua desa yang dianggap kremat mandraguna. Dan kemudian dari tengah film sampe mo akhir cerita, menceritakan nasib si sandal bolong yang berganti-ganti pemilik mulai dari tukang becak, preman pasar sampe kemudian jatuh ke tangan orang baik dan alim. Dalam cerita itu lagi, si sandal bolong meratapi betapa malangnya dia ke injek eek binatang, kotoran pasar dan kemudian nasib baik menimpa si sandal bolong karena dimiliki ustad dimana si sandal bolong selalu di bawa ke mesjid dan pengajian….dan sampai disini aja gua inget jalan ceritanya coiii karena setelah itu gua gak sadar diri karena menegak obat tidur saking malunya…heheheh..asemik gua dikadalin sama neh felem dan temen-temen gua juga dengan sukses menjadi korban kadalan gua hahahahahaha..

Banyak hikmah yang harus elo petik sodara-sodara dari tulisan gua, bahwasanya jangan gampang terkecoh dengan penampilan luar. Apalagi mpe terkecoh ma gua, ngaaakkk bangeeetttsss  deeehhh!!!!!.ingetlah selalu cover buku yang keliatan lusuh belum tentu isinya jg ikutan lusuh sapa tau isinya sangat inspiratif ato orang yang keliatannya jutek bukan berarti dia judes sapa tau dia kebelet boker, ato jangan terkecoh dengan penampilan butut kendaraan sapa tau kecepatannya luar biasa mengagumkan..pokoknya "dont judge the book by its cover, but by its price" --karena harga tak pernah bohong..Ada rupa ada harga…. wkwkwkwkwkwk….

ok mpe sekian aja tulisan gua soal masalah ini ..byeeee..cup..cup muaaahhh …..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar