Jumat, 08 Juni 2012

sisi-sisi

Setiap manusia punya sisi-sisi dalam hidupnya. Ada sisi terkelam, sisi terbaik, sisi terburuk, sisi sisi tercantik, sisiterjahat, sisi ternekat, sisi terkonyol, sisi terbodoh, sisi terpintar dan sisi-sisi lainnya..ada sisi prisilia (hehehe itu mah artis ya?) dan sigitiga sama sisi. Sisi-sisi tersebut menyeruak ketika manusia dipepet oleh suatu keadaan, kondisi dan waktu yang mungkin tepat buat si sisi ini untuk eksis...

Sisi tercantik gua adalah ketika gue di foto ala ababil dengan kamera hp cina VGA yang rada-rada buram dengan teknik pencahayaan rada gelap gulita. Pokoknya semakin gak jelas semakin keyeen deh gua. Berfose layaknya abg korea n jepan dengan bibir di monyong2in atau begaya kek niup2 sesuatu ampe pipinya gembung, mata dibelok’in hingga nyaris keluar biji matanya, dan dua jari membentuk huruf V ato kalo engak gaya menempelkan telunjuk ke bibir seperti sedang berbisik ssstststtttt dengan mata dijereng jerengin gak jelas(jerang beneran tau rasa deh ) dan diambil dari ketinggian 30 derajat diatas objek kalo engak dengan angle 45 derajat diambil dari kanan ato kiri... diambil dengan jarak dekat banget kalo perlu jidat ma hidung hampir nempel di kamera (pokoknya tabrak aja ciint...), lokasi foto kalo enggak dalam mobil orang ato mobil pinjaman bokap ato kalo gak numpang foto dimobil build up-an orang yang lagi parkir di bahu jalan dengan kostum tali behanya keliatan biar dikata jablay (padahal embyeeerrrr hahahah)...pokoknya hasilnya masyaallooohhh kamseupay banget deh...hahhahahha...

Sisi terburuk gue adalah ketika ada masa dimana muka gue di tumbuhi jerawat segede gundu, ranum-ranum kek buah cherry dan si jerawat eksis banget mpe gak ada sisa tempat buat tumbuh dan berkembangbiak. Ibaratnya bukan muka berjerawat tapi jerawat semuka. Nyaris bikin gue kehilangan kepercayaan dan keperawanan (eh yang terakhir udah kali keknya hahahaha...tobat dehh!!).Ini fase dimana gue down bangets, emosi turun naek kek rolercoaster apalagi kalo ada iklan tentang obat jerawatd dijamin muring-muringan geje (gak jelas) deh. Padahal berdasarkan medical record sebelumnya gue gak pernah tuh punya riwayat jerawatan (yang ada cuman panuan, kurapan, kudisan dan eksim) dari jaman bayi,ABG sampe menjelang dewasa lah trus knapa menjelang bau tanah jerawat jadi merejalela menjajah muka dah kek kumpeni aja...reseh gak ketulungan...Berbagai cara gue tempuh dari minum jamu gondokan yang gue baca dari koran bekas bungkus ikan asin di pasar, ke dokter kulit ternama yang punya klinik kecantikan tersebar seantero indonesia raya dari sabang mpe merauke, mandi dibawah pancuran dengan 7 sumber mata air dibawah bulan purnama layaknya gadis desa yang masih perawan, sampe gue makan jerawat diri sendiri yang katanya tetua dulu makan kacang akan tumbuh jerawat dan makan jerawat akan tumbuh kacang....hueekkkss. Segala dokter gue datangin buat nyembuhin jerawat yang menahun ini mulai dari dokter kulit yng juga profesor dan guru besar universitas, sampe dokter yang nyambi jadi guru ngaji, guru les bahasa asing, guru aritmatika (emank ada ??)..pokoknya segala cara baik yang reasonable mo pun yg unreasonable gue jabanin tetap aja gak sembuh-sembuh. Emank ya bener tuh kata guru ngaji gue dulu jaban masih tinggal desa terpencil di suatuu kota di pulau sumatra, dia bilangnya gini”segala sesuatu kuncinya Cuma ikhlas dan berserah diri” setelah tabungan gue cekak ngobatin jerawat, gak tau tuh udah berapa poundsterling and dollar amerika yg gue habisin buat ngurusin nih muka ? hanya tuhan, gue dan mas/mbak di bank mandiri, bri dan panin yang tau...setelah gue ikhlas dan berserah diri .....eh dilalah ni jerawat kabur tanpa alasan dan lagilagi gue mengucap sukur thanks god for everythink happens in my life..

Sisi terkelam gue adalah ketika lampu mati disaat gue boker di tengah malam, dan gue bingung nyari gayung aer buat cebok malah yang keambil gayung berisi peralatan mandi anak kost yang nangkring dipinggir bak mandi dan maen gue tumpahin aja ke closet. Alhasil tuh peralatan mandi berbaur dengan indahnya bersama hasil bokeran gue.....jijai bajai angkot gak seh...sory dory toeettt ya gue kudu mungut-mungutin satu-satu tuh peralatan mandi, yang ada gue siram aja ma air. Lenyap sudah tuh peralatan mandi tak berbekas sampe segayung-gayungnya hahahahaha...dan paginya ketika si empu yang punya peralatan mandi nyari-nyari dimana peralatan mandinya seantero kost gue dengan belagak pilon dan sok innocentnya gue bilang aja gak tau tuh...bukannya gue mau belas dendam ya ma nih orang secara ya, waktu gue masih jadi anak baru di kost ini, si manusia ini dengan tak berperasaannnya suka banget ngerjain gue, mulai dari ngorek-ngorek masalah pribadi gue trus diumbar ke ruang publik sampe ngeritik penampilan gue, mulai dari baju, sepatu dan potongan rambut. Jadi jangan salahkan gue kalo gue gak mau ngaku kalo ngilangin peralatan mandi loe hehehehe.....

Sisi ternekat gue adalah ketika gue kabur dari rumah bukan karena diajak kawin lari ya ato diculik orang...tapi gue kabur berdasarkan inisiatif diri sendiri (dengan bangganya gue bilang ini ya...) gue kabur lengkap dengan peralatan sekolah, mulai dengan baju seragam, buku pelajaran sekolah, sepatu dan tas sekolah), baju maen, baju tidur mpe baju pesta segala. Btw ini kabur ato pindahan seh wkwkwkwk...tapi beneran loh, gue udah 2x neh kabur dari rumah sepanjang gue menempuh pendidikan di SMA karena gue gak tahan sama pola didik bokap gue yang keras ala militer. Emank disangkanya anak2nya tuh tentara ato perwira apa? Semua serba di cerewetin, apa-apa gak boleh...temen cowok datang di ceramahi kalo gak di usir paksa, dicemberuti kalo pulang sore dikit, nilai raport turun dikit di sindir mpe tujuh turunan...pokoknya gue merasa seperti berada di kamp pelatihan tentara kontingen PBB di perang teluk irak-iran kala itu...hingga suatu ketika di senja yang gelap itu gue melarikan diri tanpa uang sepeserpun dari bonyok, uang gue dapet dari mecahin celengan babi milik adek gue yang bungsu (maaf ya dek...). Malam itu gue melarikan diri ke rumah salah seorang sodara dengan berjalan kaki, gak bisa gue bayangin sekarang kok gue kuat banget ya kala itu jalan kaki mpe sejauh itu. Selama gue kabur tetap dunk gue sekolah seperti biasa, les seperti biasa dan semua seperti biasa yang gak biasa Cuma gue pindah tidur aja kerumah saudara gue hehehe...kabur kedua adalah ketika gue kelas 3 SMA, bokap semakin gila mekerangkeng kami dengan alasan mau EBTANAS jadi anak-anaknya aktivitas hanya sekolah dan dirumah, gak boleh maen..waktu itu gue protes dan dengan keras kepalanya gue nekat kabur lagi, kali ini kabur kerumah temen baek yang juga duduk sebangku yang sekarang sudah almarhumah ( wishing u rest in peace, sist....i cant forget everythink we have spent together sist) dan beberapa hari kemudian bokap menjemput paksa tapi tetap gue gak mau balik kalo aturannya masih kek begitu dan melalui mediasi dengan orang tua si sobat gue ini akhirnya gue balik kerumah walopun dirumah tetap aja gue diomel-omeli ma bokap. Makanya ketika nonton infotainment soal kaburnya artis remaja sampe ke papua, gue jadi suka keinget jaman ababil dulu....hiksss...

Sisi terindah dalam idup gue adalah ketika gue disuruh ngelanjutin kuliah ke pulau jawa dengan alasan supaya mendapatkan ilmu yang lebih baik lagi ketimbang di kota yang sebagian besar gue tumbuh dan berkembang menjadi gadis abg yang cihuyyy abis hehehehe.. (sebenarnya ini Cuma alasan kedua bokap gue aja neh) alasan pertamanya adalah karena bokap gue dimutasi ke padank waktu itu dan beliau sangat tidak rela kalo gue ditinggalin sendiri di kota ini. Bokap berpikir “Pasti gue bakal menggila bagaikan burung yang bebas terbang diudara setelah dikekep dalam sangkar emas hehehe...tapi alasan bokap gue ini salah besar, dalam lubuk ati gue yang paling dualleeeemmm banget..gue juga gak mau tuh dan pasti gue bakal menolak dengan tegas. Enak aja gue ditinggal seorang diri disono.....Gila apa orang mencari ilmu sampe ke negeri china masa gue disuruh ngedon dsono aja...bisa jadi katak dalam tempurung neh. Gue disuruh menyusul kakak gue dijogja secara ada abank gue yang bakal jadi polisi tidur kalo gue macem-macem dan kebetulan djogja ya cuiiinnn banyak banget tuh sodara gue yang sekolah n tinggal di mari (keknya ini tradisi keluarga besar deh kuliah cuman boleh djoogja aja gak boleh ditempat laen). Bokap berpikir kalo gue kuliah dijogja kans gue untuk menjadi nakal akan tipis sekali peluangnya. Waktu itu gue protes abis, kenapa harus kejogja secara ya temen2 gank gue kala itu pada kuliah di ibukota dan bandung dan gue pun pengen bersama mereka. Dengan perbincangan alot dan diskusi yg sangat panjang didapat kesepakatan kalo gue Cuma bimbel aja dibandung tapi tetap nanti kuliah harus di jogja. Gak bisa diganggu gugat dan jreenggg..jreennnng terdamparlah gue dijogjaaa berhati nyaman ini sampe selama ini....hehehehe...tapi gue bersukur banget lo bisa terdampar djogja tercinta ini. Coba kalo gue masih dibandung, bisa jadi gue gak bakal selesai sekolahnya malah sibuk jadi artis sinetron ato foto model wkwkwkwkwk....kan kasian temen-temen kuliah gue gak bakal mengenal dengan dekat dan baik siapa gue sebenarnya hahahahaha....

Sisi terkonyol dalam idup gue adalah ...hehehe... maaf curcol ya frens..adalah menikahi orang yang salah, kenapa gue bilang salah. Padahal kita udah berpacaran selama bertahun-tahun. Bukan karena hubungan ini kemudian gagal lalu gue bilang ini adalah hubungan yang salah. Bukan banget fren ....sebenarnya di awal proses menuju ke pernikahan, gue udah mulai gamang kalo dia bukan orang yang gue cari sampe sejauh ini tapi karena undangan sudah tersebar, tanggal sudah ditentukan, baju kebaya di pesen, gedung dan catering udah dipesan..gue harus bilang apa??..semua udah kadung...dan pasti bokap bakal gantung diri nahan malu kalo dibatalkan menjelang hari H-nya karena ini pernikahan adalah prestise bagi beliau. Di suatu malam dengan rintik hujan penuh gerimis mengundang, tiba-tiba gue mendapat wangsit kalo dia bukan yang terbaik dalam idup gue bukan karena gue ada pilihan laen tapi gak tau ya...ada suara yang bilang gue gak perlu mempertaruhkan masa depan gue untuk sebuah pestapora yang akan menyiksa idup gue ke depannya. Sewaktu gue bilang ke bokap soal masalah ini, yang ada bokap marah abisss mpe pengen ngantung gue segala di bawah pohon beringin yang banyak hantunya didepan rumah nenek moyang gue yang udah bertaun-taun gak dhuni lagi. Wuiiihh serem kan...dan ditengah kekalutan yang tak beralasan itu gue cuman bisa pasrah ya sudahlahhh....!! yang terjadi nanti..terjadilah dan akan dihadapi nanti kalo dipikirkan sekarang bisa gile gueee..dan embyeerr kejadian beneran deh ahhh...makanya gue gak mau lagi tuh bermaen2 ma insting gue, kalo insting gue bilang gak walopun bagaimana aturannya gak bakal gue jabanin. Bukan berarti gue percaya ma sesuatu yang berbau tahayul yah tapi bagi gue, insting adalah reaksi dan perilaku terhadap suatu rangsangan ato fnomena dibawah alam sadar dan dengan insting yang kuat ini gue bertahan berjalan dalam mengarungi Indah dan kejamnya samudra luas yang dinamakan kehidupan ini.

Dan ngomong-ngomong soal instink ya, gak tau ya kenapa kok akhir-akhir ini gue merasa ada yang tergila-gila neh ma gue tapi gak bisa ngomong...hayooo ngaku siapaa??? Hahahaha....ini mah bukan insting tapi kege-eran aja tingkat langit ke-7 hahahahaha...udah ahhh segitu aja cerita soal sisi-sisi dalam idup gue...lain waktu disambung ya freennnssss......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar