Minggu, 24 Juni 2012

BEDA ANTARA BOOSSSS DAN PEMIMPIN…??

Hari ini gue mikir dengan sangat berat, mencoba menyimpulkan terminology yang tepat untuk kata pemimpin dan boss. Ternyata kedua kata tersebut walopun terkait dengan sangat erat dan sekilas terlihat seperti  padanan kata yang relative sama tapi kalo ditelisik lebih lanjut secara pengertian merupakan kata-kata yang memiliki pemahaman yang berbeda menurut opini gue yang subjektif ini. Jadi menurut gue, kalo loe boss belon  tentu elo adalah seorang pemimpin dan pemimpin pastilah absolute seorang boss..bingung ya..gue juga neh hehehehehe….
Tidak semua boss memiliki kualitas dan kualifikasi seorang pemimpin menurut gue. Pemimpin adalah seorang yang memiliki jiwa leadership, mampu mengayomi bawahan, partner sekaligus atasan yang dihormati karena attitude yang baik,  orang yang memiliki karismatik karena kebijaksanaan yang dimiliki, problem solver bukan Cuma pengomel dan pencari kesalahan seseorang, seseorang yang berpikir rasional mengutamakan pemikiran daripada perasaan, bertindak adil tanpa membeda-bedakan bawahan bukan karena like n dislike…tidak memanfaatkan kekuasaan yang dimilikinya untuk menakut-nakuti dan membodoh-bodohi bawahan dengan cap bodoh, gak berguna dan omongan gossip yang super lebay yang senang banget mengkembangbiakkan gossip pribadi bawahan untuk menjatuhkan bawahan supaya tidak kerasan di lingkungan kerja. …sedangkan boss adalah seseorang yang Cuma memiliki kekuasaan karena structural dan semua orang tunduk dan takut sama elo Cuma karena secara structural diatas ato secara modal dan asset elo dominan. Dengan kekuasaan penuh boss yang gak terbatas maka boss boleh mengembangkan manajemen kuta kupret dimana aturan pertamanya adalah boss memiliki hak untuk selalu berkata benar dan bawahan selalu salah dan peraturan kedua dan seterusnya mengacu pada aturan pertama tersebut. Walopun orang tuli dan buta sekalipun tau jelas-jelas elo keliru tapi demi gangsi kalo bosss selalu berkata benar tanpa bisa diganggu gugat. Maka di perlukan seseorang sebagai blacksheep untuk dijadikan umpan kekeliruan boss telmi…(Astifirulaah semoga kalo gue udah sampai di posisi tersebut, gue gak bakal seperti itu, insyaallah ..)
Seorang blacksheep yang selalu dijadikan umpan kemarahan, kekesalan seorang boos telmi dan sok berkuasan penuh dengan kemampuan terbatas ini adalah seseorang yang dianggap sebagai ancaman karena memiliki kemampuan lebih ketimbang die (sebenarnya ini adalah bentuk ketidakpercayaan diri si boss telmi ), seseorang yang selalu berpikir kritis berdasarkan data empiris dan pemikiran yang rasional serta bertindak vocal mengkritik segala kebijakan yang boss telmi rancang dengan sangat tak masuk akal dengan dalil gajebo (gak jelas booo). Blacksheep ini selalu dituduh dengan gelar tidak loyal, penghianat , serta pembangkang. Padahal gelar yang disematkan tersebut tidak berdasar dan tidak ada bukti sama sekali, yang hanya dikuatkan dengan moncong penjilat pantatnya boss yang selalu mengambil keuntungan di atas penderitaan orang laen….cap tidak loyal ini sangat ambigu, karena kalo elo karyawan yang good qualified pasti bakal bingung, apa maksudnya dengan kata tidak loyal bukankah sebaliknya kita emank tidak harus selalu loyal dengan person ato company karena itu jurang kehancuran bagi karier elo. Tapi loyal-lah terhadap pekerjaan dan tanggungjawab yang elo pikul.
Percayalah kesuksesan seseorang tersebut bukan pada tangan si boss kutu kampret yang kualitasnya gak jauh dari juragan bakul tahu dengan pendidikan tinggi katanya, padahal ijazah stratanya mungkin di beli dengan memberdayakan karyawan yang pinter untuk menyelesaikan tugas kuliahnya dan juga bukan pada penjilat pantat si boss yang senang menjilati pantat boss mpe licin ke - eekk-eek nya si boss dijilati dengan kata-kata “ yak bener sekali katanya boss"  tanpa pernah punya opini dan pemikiran sendiri selain sebagai following dan menjadi safety player untuk keuntungannnya pribadi  dengan mengkorbankan hak idup orang laen.  Kesuksesan seseorang itu tidak tergantung pada perlakuan-perlakuan sampah yang disematkan seseorang ke elo, kesuksesan itu ada di tangan elo sendiri. Milik orang-orang yang berani menentang arus kezaliman dan orang-orang yang ruaarrr biasa yang  memiliki tekad untuk maju tanpa dinding pembatas yang tak bisa didikte oleh paham gak jelas dan dibelenggu oleh doktrin tirani bertangan besi. Orde baru sudah tumbang madam….dan sudah saatnya yang muda yang berbicara, yang muda yang berkarya…Masa depan ada ditampuk tangan-tangan si creative insan muda Jadi jangan berkoar-koar soal creative industry-Richard florida kalo elo sendiri gak yakin bakal bisa mengimplementasikan konsep ini ke manajemen kutu kampreeett elooo…dan juga jangan bicara tentang reformasi institusi layaknya good governance yang katanya salah satu pemikirnya ada di perusahaan elo kalo elo sendiri gak bisa bertindak transparansi, akurasi dalam manajemen elo…Telan aja semua konsep euphoria loe tersebut bulat-bulat…
Bertahan pada manajemen busuk hanya karena ketakutan perut lapar itu sebuah kekonyolan menurut gue, jangan mau diperbudak uang yang tak seberapa tapi aspirasi dan apresiasi elo dikebiri. Jangan pula terjebak oleh status yang high tapi low economy n low apreciate…makan aja tuh status bergengsi tapi perut elo masih kekuruyukan karena cacing elo gak makan secara kenyang….dan perasaan yang tidak tenang 1x 24 jam kerena ketakutan dihardik oleh si boss karena kesalahan pekerjaan yang mungkin bukan sepenuhnya salah loe. 
Banyak peluang disana yang menanti elo kalo elo mau sedikit berpikir out of the box…Rejeki itu tidak datang dari  si boos kuta kampreett tapi rejeki datang dari sang khalik pencipta alam semesta, jadi jangan pernah takut untuk kehilangan rejeki asal loe yakin kalo pemberi rejeki adalah Tuhan YME dan tetap selalu berusaha mengembangkan kemampuan elo. Tanamkan dibenak elo, kalo elo mampu dan berkualitas tinggi ..tinggi banget sampe boss kutu kampreett gak sadar kalo dia sudah menyia-nyiakan sebuah emas berkarat tinggi…tak ada salahnya memilhara dendam, dendam untuk membuktikan kepada dunia terutama kepada manusia picik-picik tersebut kalo elo sangat berkualitas dan elo berhak mendapatkan apa yang harusnya elo terima…kadang dendam adalah motivasi terdahsyaattt orang2 yang sukses dan pengambil resiko ….selamat memilihara dendam wahai temen-temen seperjuangan !!!!...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar